MATARAM ICIS UIN KHAS JEMBER KE-15 TERBUNGKUS DALAM ACARA MILAD KE-15 DI KAKI GUNUNG PASANG-JEMBER. (2024)

MATARAM ICIS UIN KHAS JEMBER KE-15 TERBUNGKUS DALAM ACARA MILAD KE-15 DI KAKI GUNUNG PASANG-JEMBER. (1)

MATARAM ICIS UIN KHAS JEMBER KE-15 TERBUNGKUS DALAM ACARA MILAD KE-15 DI KAKI GUNUNG PASANG-JEMBER. (2)

ICIS UINKHAS JEMBER berulang tahun yang ke-15 pada tanggal 25 Mei, sekaligus berbarengan dengan acara tahunan ICIS yang dikenal dengan MATARAM(Masa Ta’aruf dan Mahabbah)denganmengusung tema“Raihlah Keakraban, Wujudkan Kekeluargaan” yang memiliki arti malam perkenalan dan cinta kasih sayang. Sesuaitema yang diusung, acara kali ini diharapkan agar seluruh peserta dapat lebih mengembangkankeakraban dan menumbuhkan jiwa kekeluargaan antara satu dengan yang lain.Baiksesama divisi ataupun divisi lain.Acara MATARAM dan MILAD ICISke-15 ini diadakan pada tanggal 27-28 Mei 2023, di Wisata Gunung PasangAgrowisata-Panti-Jember.

Sebelum pemberangkatan, para pesertadikumpulkan terlebih dahulu di gedung ICIS untuk dilakukan pengecekan danpengabsenan.Tepat pukul 11.00 WIB, seluruh peserta dan panitia berangkatmengggunakan kendaraan yang telah disediakan. Meskipun panas matahari menemanimereka selama perjalanan menuju WisataGunung Pasang, namun haltersebut sama sekali tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti acaraini. Sesampainya ditujuan, seluruh peserta diarahkan ke tempat masing-masingsesuai arahan panitia untuk persiapan sholat dzuhur. Setelah sholat dzuhurberjama’ah, para peserta dikumpulkan kembali di aula untuk mengikuti acarapembukaan. Pembukaan MATARAM dan MILAD ICIS ke-15 ini dipanduoleh KakDimas Alwi dan Kak Siti Nabila sebagai pembawa acara. Sambutan yang pertamadisampaikan oleh Kak Ahmad Farid Mukhlis selaku Ketua Panitia, sambutan yangkedua disampaikan oleh Kak Zahratun Nur Fadillah selaku Presiden ICIS dan sambutanyang terakhir disampaikan oleh Bapak Nidzom Hamami Abicandra, M. Pd. I selakuPembina ICIS I. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan MARSICIS , lalu pemotongan tumpeng yang diwakilkan oleh Bapak Sandi Ferdiansyah M.Pd. I selaku Pembina ICIS II , dan acara terakhir yakni bertukar kado sebagaipenutup dari rangkaian acara pembukaan.

Setelah acara pembukaan tersebut,para peserta dikumpulkan sesuai divisi masing-masing sebagai kegiatan keduamereka dalam acara ini. Setiap divisi memiliki kegiatan yang unik untuk mengisiwaktu kebersamaan mereka. Diantaranya adalah divisi Fahmil Qur’an. Divisi yangdiketuai oleh Kak Hilya ini, memberikan tempat cerita untuk anggotanya selamaberada menjadi keluarga ICIS. Tak hanya itu, divisi ini juga menciptakankeseruan lain dengan bermain cerdas cermat seputar ICIS dan ilmu pengetahuan. Lalu,divisi ini juga bermain game call my name(jenis permainan dengan menebak nama seorang public figur yang ditempelkan padadahi peserta). Ada juga dari divisi Kaligrafi yang menuangkan karya merekaditemani oleh semilir angin dan lembutnya arus sungai yang melewati bebatuan. Serta divisi-divisi lain yangsangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Dilanjutkan dengan acara ISHOMA(Istirahat, Sholat dan Makan), yang dilakukan seluruh peserta dengan berkumpuldi aula utama dengan rangkaian ubudiyah. Sholat magrib berjama’ah yangdilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil sebagai wujud harapan dan doaatas MILAD ICIS UIN KAS ke-15 agar dapat menjadi organisasi yang lebih baikdari sebelumnya dan menjadi figur bagi organisasi lain yang berada di UIN KHASJEMBER. Menunggu adzan isya’ berkumandang, para peserta diajak bercengkramahangat dengan Kak Rioga. Pembawaan yang humoris dan slang dari Beliaumenciptakan senyum dan tawa pada wajah setiap peserta yang menyimak pengetahuantentang ICISyang tak jarangdibungkus dalam balutanguyonan. Seusai bincang akrab dengan Kak Rioga, acara dilanjutkan dengan berkumpuldi depan api unggun yang telah disiapkan panitia sebagai sarana untukmenghangatkan hawa dingin yang menyergap dan menghangatkan suasana kekeluargaanyang dibalut dengan pertunjukan pentas seni dari seluruh kelompok pesertadengan pilihan opsi penampilan yang sudah ditentukan kepada masing masingkelompok. Diantaranya pembacaan puisi berantai yang dipersembahkan olehkelompok instagram sehingga suasana menjadi gelak tawa para peserta danpanitia.Ada pula penampilan seni tari olehkelompok facebook dengan mengusung Tari Kecak yang merupakan tarian asal Bali.Penampilan seni Tari Kecak tersebut membuat suasana campur aduk antara kagumdan menyeramkan karena salah satu peserta mengenakan properti yangmenggambarkan sosokleaksebagai ciri khas dari tariantersebut.Suasana menjadi cair kembali dengan penampilan kelompok youtube.Pasalnya kelompok ini menampilkan joget kekinian yang dilakukan semua anggotakelompok sehingga mengundang kembali gelak tawa para peserta dan panitia. Persembahan dari kelompok youtubeini pun menjadi penampilan terakhir dari acara pentas seni sekaligus menjadipenutup dari seluruh rangkaian agenda hari pertama MATARAM 2023.

Masuk di hari kedua agenda MATARAM2023 pada waktu dini hari ketika suasana masih gelap menjelang subuh parapeserta dibangunkan dari tidur malam dan diinstruksikan untuk mengikuti acararenungan sebagai bentuk kesadaran untuk mengetuk pintu hati terhadap nilainilai kehidupan. Masing masing peserta membawa lilin dan duduk bersamamembentuk lingkaran sambil menikmati alunan puisi yang mengandung bawang,sengaja mengajak para peserta untuk larut dalam pencerahan emosional yangdisampaikan. Setelah selesai acara renungan dilanjutkan dengan sholat subuh danpersiapan menuju agenda selanjutnya yakni senam pagi yang dilaksanakan olehseluruh peserta dan panitia. Setelah dirasa tubuh bugar, kembali acaradilanjutkan dengan sarapan pagi dan persiapan untuk agenda yang tidak kalahseru yaitu lomba ketangkasan antar kelompok.

Terdapat beberapa cabang lomba yangdilaksanakan diantaranya lomba estafet karet, kardus goyang dan estafet sarungyang dilangsungkan di sungai yang ada di Wisata Gunung Pasang. Keseruanberbagai lomba membuat seluruh kelompok bersaing untuk menjadi yang terbaikkarena di setiap cabang lomba hanya menetapkan satu kelompok sebagai juara.

Penutupan dan sesi pengumuman sertapemberian hadiah kepada pemenang lomba-lomba, penampilan pentas seni terbaik dan peserta terbaik menjadi acara yang palingditunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Keriuhan tepuk tangan menghiasi suasanaketika pembawa acara menyebutkan satu persatu kelompok dan peserta yangmendapatkan nominasi. Berikut adalah nama-namapemenang sesuai dengan nominasinya:

1.Juara Lomba Estafet Karet: Instagram

2.Juara Lomba Kardus Goyang: Facebook

3.Juara Lomba Estafet Karet: Facebook

4.Juara Pensi Terbaik: Youtube

Peserta Terbaik: Qamaruz Zaman (Divisi Bahasa Inggris

Tak lupa juga, sesi foto bersamaseluruh peserta dan panitia sebagai dokumentasi terakhir acara MATARAM MILADICIS ke-15 tahun ini.

By : Yuly Navisah, Qomaruz Zaman

Editor : Kabid & Wakabid Litbang

MATARAM ICIS UIN KHAS JEMBER KE-15 TERBUNGKUS DALAM ACARA MILAD KE-15 DI KAKI GUNUNG PASANG-JEMBER. (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Sen. Emmett Berge

Last Updated:

Views: 6079

Rating: 5 / 5 (60 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Sen. Emmett Berge

Birthday: 1993-06-17

Address: 787 Elvis Divide, Port Brice, OH 24507-6802

Phone: +9779049645255

Job: Senior Healthcare Specialist

Hobby: Cycling, Model building, Kitesurfing, Origami, Lapidary, Dance, Basketball

Introduction: My name is Sen. Emmett Berge, I am a funny, vast, charming, courageous, enthusiastic, jolly, famous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.